Friday, December 12, 2008

Mencari tau rencana Tuhan

Selama liburan yang seharusnya saya pakai untuk kerjain FYP ini, saya banyak mikir tentang apa yang saya harus lakukan habis kuliah di NTU ini. Begitu banyak pemikiran personal, obrolan dengan orang2 dekat, doa2 yang saya panjatkan mengenai hal ini.

Sampai hari ini, saya masih belum tau dengan pasti ama yang saya mau. Saya daftar master Erasmus Mundus, berharap bisa diterima dan belajar serta jalan2 di Eropa sana. Mencoba hidup baru yang saya ga pernah bayangkan. Tapi saya sendiri merasa motivasi yang ada di dalam diri saya ga begitu berakar. I mean, yang saya tau, itu prestigious, itu asik karena bisa jalan2, itu priceless karena bisa kenal orang2 baru dan lingkungan baru. Yang saya ga tau, apa saya siap jauh dari keluarga sejauh itu, apa saya siap tinggal di Eropa sana dengan gaya hidup yang berbeda, apakah hubungan saya dengan Tuhan somehow akan terabaikan di sana. Saya ngga tau dan saya takut untuk menjawabnya.

Kalo ditanya kenapa saya ga kerja, saya cuma bisa jawab, mumpung saya masih muda dan ada semangat belajar makanya mau sekolah lagi. Tapi kalo kerja juga ga apa2 sih, I mean, I know I am able to. Tapi entah kenapa, I dun feel like working in Singapore. Saya simply jenuh dan agak enggan buat kerja di Singapore. Saya tau saya sangat comfortable di sini dengan teman2 yang dekat di hati, situasi yang sangat convenient, kehidupan menggereja yang juga lumayan terjaga, tapi entah kenapa dorongan hati saya ga ke situ.

Kalo mau jujur, sebenarnya saya ingin pulang Indonesia. Berkali2 teman2 bilang, betapa sayang, udah kuliah di Singapore kemudian balik ke Indo dan belom jelas mau ngapain. Sebenernya, saya mau pulang Indo kenapa? Saya mau lanjutin les piano yang tertunda, saya mau melakukan hal2 lain kayak les bahasa Jerman, belajar nyetir or anything similar. I mean, beristirahat sejenak dari rutinitas belajar dan mengerjakan engineering stuffs. I know kalo itu berarti agak buang2 waktu dan buang2 biaya. Tapi, dengan di Indo, saya bisa deket keluarga, the best treasure in life. Saya mau spend waktu sampa orang tua di rumah selagi ada kesempatan. Saya juga yakin di Indo, saya bisa tetep bertumbuh dalam Tuhan, Tuhan pasti tunjukkan tempat dimana saya bisa grow and serve. Simply, ini pilihan yang paling menguntungkan. Even saya mau kuliah master, pasti bisa. dengan biaya yang lebih terjangkau tentunya. Saya bisa sambil nge lesin piano ato pelajaran, get paid, use the money wisely.

Tapi again, semakin dipikir semakin saya bingung. Saya tau Tuhan akan bantu saya mengambil keputusan. Saya tau Tuhan pasti sediakan rencana yang terbaik buat saya. Tugas saya, listen to Him. And that is the mos difficult part. Ambisi dan my personal agenda disturb me from listening to His voice..

No comments: