Thursday, June 7, 2007

Fairness and Professional

Saya jadi pengen tulis masalah ini gara2 cerita sama mama saya kalo kemaren saya dapet duit sekitar 40 EURO, sisa dari uang pendaftaran buat Summer University ini di German. Jadi karena saya tinggalnya di dormitory, biayanya itu lebih murah. Dan karena kelas Static saya ga ada excursion (jalan2) jadi biaya yang tadinya dibudgetkan untuk tiket masuk museum2 dan transport itu juga ga kepake. Alhasil, kemaren saya terima uang sekitar 40EU itu cash.

Terus saya juga inget, ada duit dari NTU masuk rekening buat refund accommodation pas desember kemaren. Emang dijanjiin sih buat dibalikin berapa persen gitu. Saya udah cek, dan yes, duitnya udah masuk rekening saya.

Hm bukannya saya pengen menjelek2an bangsa sendiri sih. Tapi saya kalo bandingin dan membayangkan hal ini di Indonesia, apa iya mereka bakal mengembalikan uang yang so called ga seberapa ini? Apa iya, mereka bakal segitu relanya, mengembalikan sesuatu yang memang bukan seharusnya bukan hak milik mereka?

So, saya bersyukur banget lah bisa mengalami hal2 kaya gini, yang bikin saya juga bisa belajar dari mereka. Masalah transparan dan professional dalam kerja. Kejujuran juga. Kemaren saya dikasih detail kemana aja duit 750 EURO saya itu dipake selama summer study ini. Dan saya puas, saya ga dibohongi, dan saya dapet apa yang jadi hak saya.

So, Indonesian, belajarlah professional dan kejujuran dari bangsa lain kalo mau maju... Tapi saya tetep bangga jadi orang Indonesia koq :)

No comments: